Tentang TP-LINK 3G Wireless-N Router TL-MR3220

Bulan lalu ada client yang ingin membikin warnet, kemudian saya sarankan untuk pakai speedy saja, karena selain sudah ada dimana-mana dan lebih cepat pemasangan.
Ee.... yang membuat saya bingung adalah, katanya di daerah tempat dia tinggal bulum ada yang namanya telepon apalagi speedy.
Hari gini belum ada telpon...? Capek deh...! ternyata masih banyak daerah yang belum terjangkau telpon, ya untung saja untuk jaringan handphone baik itu gsm atau cdma udah ada katanya.

Perkiraan saya, dengan pakai speedy dalam satu hari, warnet tersebut sudah bisa beroperasi, dan dikarenakan masalah diatas, akhirya  robah proposal dan langkah kerja lagi.

Propasal
  1. 5 Unit Computer dengan spesifikasi : Processor Intel Dual Core, RAM 1Gb, Vga Onboard 256Mb, Monitor LED 15", untuk Client.
  2. 1 Unit Computer dengan spesifkasi yang sama untuk Operator
  3. 1 buah swich hub merk D-Link 8/16 port
  4. 1 buah modem usb cdma/gsm
  5. 1 buah modem router cdma/gsm ( pada bagian ini saya bingung harus menggunakan modem router yang mana)
  6. Akhirnya proyek tertunda hampir 1 bulan, karena client yang order tetap ngotot ingin menggunakan jasa opreator seluler cdma SmartFren
Bersama dengan tim akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan modem router cdam milik SMART yaitu SMART RE 251, setalah mencari di beberapa toko ternyata stok habis, atau kiriman barang belum datang, proyek delay lagi,. Setelah berembuk cukup alot akhirnya Tim menyerahkan kepada saya untuk mencari alternatif lain agar proyek bisa kelar sebelum bulan puasa....

Dengan rada malas-malasan saya coba googling... dibeberapa forum dan akhirnya merekomendasikan modem router gsm/cdma dari merk yang sudah lama saya gunakan yaitu TP Link. Saya tidak menyangka ternyata TP Link juga mengeluarkan produk yang berhubungan dengan gsm dan cdma..
yaitu TP Link 3G Wireless N Router [TL-MR3220]

TP Link 3G Wireless N Router [TL-MR3220]OverviewTP-LINKs TL-MR3220 3G/3.75G Wireless Lite N Router allows you to quickly set up a 150Mbps wireless network on-the-go and share a 3G/3.75G mobile connection. By connecting a UMTS/HSPA/EVDO USB card to the router, a Wi-Fi hotspot is instantly established allowing users to share an Internet connection anywhere 3G/3.75G coverage is available. So whether you're on the train, camping, or at a construction site, you'll have a reliable wireless connection to accommodate your networking needs.



Akhirnya : Masalah terselesaikan..



Post a Comment

1 Comments

  1. MISI GAN SAYA BARU PENGEN SETTING MIKROTIK UNTUK WARNET SAYA
    TOPOLOGI JARINGAN SAYA INTERNET->MODEM TP-Link TD-W8961ND-> MIKROTIK RB750R2->HUB->PC
    YG MAU SAYA TANYAKAN MODEM ANE KAN ADA WIRELESSNYA, GMANA SETTINGAN Y GAN BIAR BISA KEPAKE WIFINYA.??
    APA BISA DISETTING MELALUI MIKROTIK JUGA? ATAU HARUS MAKE HARDWARE TAMBAHAN????

    ReplyDelete