Solusi Akhir Permasalahan Koneksi Jaringan Speedy (Request Timed Out) RTO !!!!

Sekian lama berkutat dengan Reques Timed Out (RTO) terus, sudah melakukan tips dan trik dari para pakar yang ada di google, capek dan pusing mengurus teriakan klien, masih belum menemukan hasil yang menggembirakan. Masih tetap RTO.

Bahkan setelah mengajukan komplain dan pengaduan ke CS Telkom Speedy baik melalui Call Center 147 atau melalui email. Dan menurut bagian teknisi lapangan dan informasi dari CS bahwa jaringan yang warnet pakai speedy tidak mengalami kendala, atau baik-baik saja. Tapi kenapa masih RTO Pak Deeee!

Mungkin benar, sama dengan semua jaringan yang ada kata UP TO, bahwa semakin banyak yang menggunakan, maka semakin berebutan bandwidth deh. Yang kuat tarikannya atau yang paling dekat dengan STO maka mungkin dia akan mendapatkan bandwidth yang lebih baik.. atau sebaliknya (Ini asumsi warnet pakai speedy)

Dalam keputus asaan dan berharap secercah harapan, warnet pakai speedy mencoba mempraktekkan semua solusi yang warnet pakai speedy dapatkan dari mbah google, akhirnya :

Solusi akhir permasalah koneksi jaringan warnet pakai speedy yang RTO

Adalah :

Menggunakan Alternatif DNS untuk Primary DNS (Misalnya DNS Google, OpenDNS, DNS NAWALA Dll) disini warnet pakai speedy menggunakan OPEN DNS) : 208.67.222.222

(Untuk DNS OpenDNS disarankan untuk register ke OpenDNS dulu)

Untuk Secondary DNS, warnet pakai speedy tetap menggunakan DNS Telkom Speedy : 203.130.196.155 (sesuikan dengan DNS daerah masing-masing)

Caranya :

1) Ganti Settingan DNS MODEM ROUTER TELKOM SPEEDY

dns primary

TP Link DNS

2) Ganti Settingan DNS MIKROTIK (Bagi yang menggunakan MikroTik)

DNS MikroTik

3) Restart MODEM dan MIKROTIK

Kemudian tes ping:

Hasil Ping Akhir

4) Selesai…….

Catatan :

Setelah warnet pakai speedy melakukan hal diatas, ternyata bisa mengurangi permasalahan yang selama ini mengganjal sebesar 50% dan alhamdulillah, pelanggan yang satu-persatu menghilang sudah kembali lagi.

Tips diatas warnet pakai speedy lakukan pada jaringan sendiri, mungkin ada perbedaan pada setiap jaringan speedy ditempat masing-masing, jadi jangan ragu untuk mengotak atik atau merubah settingan DNS sampai ditemukan settingan terbaik di warnet yang menggunakan jaringan Telkom Speedy.. Sekian dan terima kasih..

SEMOGA BISA MEMBANTU

2 comments:

  1. Makasih Mas, ane coba terapkan.. soalnya kalu malam ping di tempat saya (Pangkalpinang) suka putus-putus...

    ReplyDelete