Akun Anda di Hack? Awas ada Keylogger di PC Anda

Awas Ada Keylogger di PC ANDA



Akhir-akhir ini banyak yang mengeluhkan akunnya kena hack atau di acak-acak orang yang tidak bertanggung jawab, yang mungkin hanya iseng, menjajal ilmu, atau sengaja mengambil akun anda kerena didalamnya ada sesuatu yang berharga..

Misalnya.. jumlah Chips Zynga Poker yang lumayan banyak, Facebook atau Twitter anda, atau barang kali PIN dari No. Rekening Bank atau ATM anda, Akun Google yang didalamnya banyak terintegrasi dengan akun-akun lainnya, yang tentu mempunyai nilai lebih.
Contoh Keylogger Hardware
Dan salah satu software yang sering digunakan dan sangat mudah digunakan adalah keylogger, banyak jenis keylogger yang bertebaran dunia maya, keylogger dalam bentuk software atau dalam bentuk fisik, kebanyakan yang digunakan adalah keylogger yang berbentuk software, sialnya lagi ternyata banyak software keylogger yang gratis, dan penggunaannya pun tidak ribet..
Bahkan anak SD sekalipun bisa menggunakan keylogger tersebut.. meyeramkan bukan?

Hacker atau orang yang menyalah gunakan keahlian untuk merusak atau membuat orang lain rugi, adalah tindakan kriminal, tapi sayang kriminal di dunia maya sangat sulit untuk memberantasnya, sama halnya dengan di dunia nyata, Penjahat selalu selangkah lebih maju dari Penegak Hukum..

Dengan kehilangan akun, pin dan sebagainya, terkadang korban hanya bisa termenung, atau membuat ulang akun baru. Menyedihkan memang.

Sebenarnya, semuanya kalau bukan karena kelalaian kitan dan andai saja kita sedikit lebih berhati-hati dan bekerja keras mungkin hal itu tidak akan terjadi, atau setidaknya kita sudah berusaha. Kalau masih mengalami kejadian di atas, mungkin anda lagi "SIAL"

Di bawah ini ada sedikit Tips untuk menghindari AKUN anda diambil orang..
  1. Hindari membuka akun yang berhubungan dengan keuangan di INTERNET PUBLIC, atau jaringan public, karena yang menggunakan jaringan atau internet di tempat umum banyak orang, dan kita tidak tahu, salah satu dari mereka adalah.. Pencuri! (contohnya, Warnet, HotSpot Umum, Perpustakaan dan ruang publik lainnya).
  2. Kalau terpaksa harus membuka akun ditempat di atas, usahakan ganti password atau pin anda sesegera mungkin. 
  3. Gunakan password berlapis.
  4. Jangan pernah gunakan password atau pin yang sama untuk beberapa akun. Misalnya, jangan pernah menggunakan password yang sama antara akun FACEBOOK, EMAIL, TWITTER dan akun lainnya.
  5. Gunakan password yang susah ditebak, jangan menggunakan password memakai nama anak, istri, suami, pacar, binatang kesayangan, tanggal lahir atau kombinasi tanggal lahir keluarga.
  6. Gunakan password dengan campuran huruf besar, kecil, spasi, angka, kode ascii dan sebagainya.
  7. Ganti password secara berkala,
  8. Jangan pernah simpan akun di dalam PC, Laptop, HP, Notebook, PDA, Tablet PC, Flashdisk, MMC dan Gadget lainnya.
  9. Jangan pernah memberikan password akun anda kepada suami, isteri, anak, teman dekat, pacar, kolega dan orang yang anda percaya, jadikan password anda adalah barang privasi anda, dan tidak seorangpun boleh tau, sekalipun itu SETAN. 
  10. Jika hal di atas sudah diterapkan dan akun anda masih bisa di rampok orang? berarti anda memang lagi SIAL, atau itu adalah pekerjaan HACKER MASTER.

Kemudian, mungkin ada pertanyaan bagaimana cara mudahnya bila kita melakukan aktifitas berkomputer di luar semacam warnet tanpa takut terperangkap keylogger ?,
  • Simpan semua akun sobat di dalam sebuah notepad, tentunya semua tulisan harus diketik di rumah atau di tempat yang terasa paling aman menurut sobat. ketika kita mau ke warnet untuk melakukan login suatu akun maka tinggal copy-paste saja itu kode. gunakan ctrl-c untuk copy dan ctrl-p untuk paste. 
  • Bila cara diatas masih merepotkan sobat, maka coba cara ini. sebelum memasukkan akun atau hal-hal yang penting untuk di-inputkan, silahkan buka notepad atau word , kemudian ketiklah dengan ketikan acak alias 'ngawut' character sesuka hati sobat. lebih banyak lebih baik, karena dalam alur keylogger akan terdeteksi apa adanya yang sobat ketikkan. jadi begitu sobat selesai awut-awutan mengetik silahkan masukkan username atau password dari akun rahasia sobat, setelah itu ketik acak lagi sedikit untuk mengelabuhi alur keylogger-nya.
  • Tips yang terakhir, bila ingin memasukkan username atau password biasakan dalam berpindah antar kolom menggunakan tombol Tab. setelah itu lakukan ketik acak sekali lagi dalam notepad yang tadi masih terbuka.Intinya ' ketik acak - masukkan user dan pass - ketik acak '.

Kesimpulannya, walaupun banyak cara untuk mengelabuhi keylogger, baik denganvirtual keyboard ataupun anti keylogger, tapi karena kita tidak tahu jenis keylogger macam apa yang tertanam akan sangat sulit untuk 100% keluar dari jebakan 'pencuri' data tersebut.



Post a Comment

0 Comments